SOFT LAUNCHING “APLIKASI MOBILE SIMPUL”: DIGITALISASI PELAYANAN PENSIUNAN JAMAN NOW

Pada tanggal 20 Desember 2017, sebagai acara puncak Ulang Tahun Dana Pensiun Telkom ke 35, telah dilakukan soft launching “Aplikasi Mobile Simpul” di gedung Dana Pensiun Telkom, Jalan Surapati 151 Bandung. Acara ini menandai dimulainya era digitalisasi pelayanan pensiunan jaman NOW. Soft launching dilakukan bersama oleh Presdir Dapen Telkom Bp Gatot Rustamadji didampingi para pengurus Dapen Telkom, Pengurus Pusat P2TEL yang diwakili Ketua Harian PP P2TEL Bp Adeng Achmad serta Dewan Pengawas Dapen Telkom yang diwakili oleh Bp. Hasyim Toyib.

“Aplikasi Mobile Simpul” ini merupakan pengembangan dari aplikasi Simpul yang telah ada sebelumnya. Terdapat 3 (tiga) hal yang dikembangkan, yaitu di sisi cara akses, di sisi fitur layanan dan di sisi pengguna. Jika pada aplikasi Simpul saat ini, pelaksanaan Datul hanya bisa dilakukan melalui web di https:// newsimpul.finnet.co.id, maka melalui “Aplikasi Mobile Simpul” ini, Datul dapat dilakukan juga melalui aplikasi di smartphone yang bisa diunduh melalui PlayStore. Jadi sekarang, Datul bisa dilakukan melalui 2 (dua) cara akses, yaitu melalui web dan melalui aplikasi di smartphone.

Selain itu, di sisi fitur layanan, “Aplikasi Mobile Simpul” ini mencakup fungsi Datul, fungsi pelaporan dan fungsi pelayanan serta fungsi-fungsi informasi lainnya. Untuk fungsi Datul, pengembangan mencakup peningkatan aspek silaturahmi kepada PMP serta peningkatan aspek kelengkapan dan akurasi data. Silaturahmi kepada Penerima Manfaat Pensiun (PMP), misalnya melalui kunjungan atau via telepon, merupakan sesuatu yang dikedepankan dan menjadi bagian dari checklist pelaksanaan Datul di “Aplikasi Mobile Simpul” ini. Di sisi kelengkapan dan akurasi data, setiap perubahan masih diperlukan dokumen pendukungnya.

Untuk fungsi pelaporan misalnya, jika ada PMP meninggal dunia, maka dapat dilaporkan melalui “Aplikasi Mobile Simpul”. Demikian pula jika ada data-data PMP yang berubah seperti alamat, rekening, kontak dan ahli waris, maka dapat dilaporkan pula melalui “Aplikasi Mobile Simpul”. Semua pelaporan akan tercatat dan segala persyaratan administrasi yang diperlukan akan terinformasikan dengan jelas. Status pelaporan juga akan terinformasikan, lengkap dengan informasi tentang hal-hal yang harus dilengkapi, misal statusnya on progress di PC, menunggu scan buku rekening PMP.

Selain fungsi pelaporan, terdapat pula fungsi pelayanan di “Aplikasi Mobile Simpul”, misalnya, download bukti potong pajak serta info status pembayaran manfaat pensiun dan kontraprestasi. Dengan “Aplikasi Mobile Simpul” ini, PC/PMP dapat mengetahui informasi pajak dan mendownload bukti potong pajak untuk keperluan pelaporan pajak ke Kantor Pajak. PC/PMP dapat memantau apakah manfaat pensiun bulan berjalan sudah ditransfer atau belum serta apakah kontraprestasi dan manfaat lain sudah dibayarkan atau belum.

“Aplikasi Mobile Simpul” juga menyajikan informasi dan berita, seperti informasi keberadaan/alamat rekan, berita umum, berita duka, majalah Pundi, laporan Tahunan Dapen Telkom serta Info Memo Dapen Telkom.

 

Pengembangan ketiga adalah di sisi pengguna. Jika pada aplikasi Simpul hanya PC dan Dapen yang dapat menggunakannya, maka untuk “Aplikasi Mobile Simpul”, PP dan PMP juga merupakan pengguna aplikasi. PMP misalnya, juga dapat melakukan inisiatif terhadap beberapa fungsi, misalnya Datul sendiri, pelaporan perubahan data dan lain-lain. Lalu bagaimana menjaga agar data selalu akurat? Bagaimana pula menjaga agar tetap ada silaturahmi PC dengan PMP? Nah, PC tetap dan akan selalu terlibat di setiap proses dan bertugas melakukan konfirmasi/verifikasi kepada PMP tersebut. Misalnya, dalam hal PMP melakukan Datul sendiri, maka setelah PMP selesai melakukan Datul, proses berikutnya adalah verifikasi dari PC kepada PMP. Jadi data tetap terjaga selalu akurat karena diverifikasi PC dan silaturahmi tetap terjaga juga karena PC harus mengunjungi/ menghubung PMP untuk bisa melakukan verifikasi tersebut.

Tadi disampaikan bahwa yang dilakukan pada tanggal 20 Desember 2017 adalah soft launching. Lalu kapan hard launching dan mulai dapat digunakan? “Aplikasi Mobile Simpul” akan beroperasi mulai Semester I tahun 2018 (Januari). Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan dalam implementasinya, Dapen, PP, PC dan PMP sebagai pihak-pihak yang akan menjadi pengguna perlu mengenal dan mencoba “Aplikasi Mobile Simpul” ini serta memberikan feedback, jika ada, untuk penyempurnaan. Always beta, itulah prinsip yang dikedepankan, sehingga semangat mencari yang lebih baik dan terus menuju penyempurnaan akan selalu mewarnai perjalanan “Aplikasi Mobile Simpul” ini ke depan.

Sebagai penutup, “Aplikasi Mobile Simpul” ini diharapkan mampu menjadi tambahan opsi akses dari kanal yang sudah ada (web Simpul, konter pelayanan Dapen, konter P2Tel) dalam memberikan pelayanan, seperti Datul, Pelaporan, Pelayanan pensiunan dan informasi-informasi lainnya dengan proses bisnis dan akurasi data yang lebih baik. Sehingga dengan hadirnya “Aplikasi Mobile Simpul” ini, diharapkan dapat meningkatkan experience dari pengguna (Dapen, PP, PC dan PMP) dan kualitas pelayanan PMP dengan tetap mengedepankan aspek akurasi data dan silaturahmi. Digitalisasi, untuk peningkatan pelayanan dan akurasi data? Siapa takut?